Notification

×

Iklan

Iklan

Pengelolaan Sampah Rumah Tangga yang Bermanfaat Bersama Dosen Pendidikan Biologi FKIP Uhamka

09 Agustus 2021 | Senin, Agustus 09, 2021 WIB | Last Updated 2021-08-09T13:09:46Z

 Serambiupdate.com Sampah atau material sisa yang sudah tidak terpakai masih menjadi salah satu masalah besar yang dihadapi Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Indonesia menghasilkan sekitar 64 juta ton sampah pertahun dan 48% diantaranya bersumber dari sampah rumah tangga. Lebih lanjut, Badan Pusat Statistika menyakatan bahwa sekitar 81,4 % rumah tangga belum peduli dengan pengelolaan sampah.

 

Program studi Pendidikan Biologi FKIP Uhamka bersama LPPM mengadakan pengabdian masyarakat berbentuk Pelatihan Pengelolaan Sampah bagi Ibu Rumah Tangga di Desa Karangreja, Kabupaten Bekasi. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang diketuai langsung oleh Kaprodi Pendidikan Biologi Dra H Maryanti Setyaningsih Msi ini memberikan pengetahuan dan keterampilan kepada Ibu-ibu rumah tangga tentang kategori sampah yang dihasilkan oleh rumah tangga serta pengolahannya.

 

Kegiatan ini mengikutsertakan Maesaroh MPd sebagai pemateri sekaligus anggota kegiatan, serta beberapa orang mahasiswa Program studi Pendidikan Biologi sebagai narahubung, moderator, dan fasilitator kegiatan yang membantu terlaksananya Program Kemitraan Masyarakat (PKM).

“Setiap individu, setiap rumah tangga dapat berperan dalam mengurangi jumlah produksi sampah di Indonesia. Ayo, kita kurangi dan olah dengan baik sampah rumah tangga yang dihasilkan,” tutur Maesaroh.


Hasil evaluasi kegiatan menginformasikan sebagian besar peserta kegiatan selama ini mengolah sampah rumah tangganya dengan cara dibakar, dibuang sembarang, dan ditimbun di perairan (empang). Seluruh peserta menyatakan bahwa kegiatan ini bermanfaat untuk mereka dan bersedia untuk mengurangi produksi sampah rumah tangganya serta mengelola sampah secara optimal dengan cara daur ulang dan menjadikannya kompos.

=