Notification

×

Iklan

Iklan

Mahasiswa BK FKIP Uhamka dapatkan Ilmu dan Pengalaman Baru dalam Kegiatan PLP 1 di SMA Negeri 1 Jonggol sebagai Sekolah Favorit

03 Oktober 2021 | Minggu, Oktober 03, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-03T11:45:29Z


Serambiupdate.com
Memasuki awal semester 5, mahasiswa BK FKIP Uhamka yaitu Mohammad Arip Apriyan, Habibah Nurfithriyah, Dinda Ainur Rizki, Meli Nuryanti, Hanny Shopia Sabilla, Mega Syifa Salsabila, dan Hani Fortuna Wahyudi ambil mata kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) tahap 1. Dimana pada PLP tahap 1 ini dilaksanakan dengan cara observasi dan wawancara kesekolah secara langsung untuk dapat mengmbil pembelajaran secara langsung di dunia Pendidikan. Mereka melaksanakan PLP 1 di SMA Negeri 1 Jonggol.

 

Dalam kegiatan ini, mahasiswa BK melakukan wawancara dengan Guru BK tentang pembelajaran dan penanganan siswa di masa pandemic begitupun dengan proses belajar di masa pandemi.

 

Mohamad Amir MM selaku Kepala SMA Negeri 1 Jonggol mengatakan bahwa “SMA Negeri 1 Jonggol ini adalah sekolah favorit Jonggol dan sekitarnya. Masyarakat Jonggol, Bekasi, Cibarusah datang untuk dapat masuk ke sekolah ini dikarenakan dari sarana dan prasarana yang ada sudah setara dengan sekolah Negeri di Jakarta. Namun dengan adanya peraturan PPDB yang terbaru dengan adanya sistem zonasi menjadikan 50% dari siswa di sini asli Jonggol 50% lainnya itu berdasarkan jalur prestasi dan afirmasi,” tuturnya.

 

Dalam proses PLP 1 ini mahasiswa diberikan pengetahuan tentang sarana dan prasarana di SMA Negeri 1 Jonggol yang telah memiliki program Kurikuler yang mengikuti standar dari Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) yang di mana BSNP memiliki 7 standar yakni standar pengelolaan, standar kelulusan, standar isi, standar proses, standar penilaian, standar pendidik dan tenaga kependidikan dan standar sarana dan prasarana. Kemudian tidak hanya program kurikuler saja. Akan tetapi, ada program kokurikuler dan ekstrakurikuler. Untuk program kokurikuler ketika pembelajaran tatap muka rutin dilaksanakan namun ketika pembelajaran daring terhenti sementara. Dan untuk ekstrakurikuler juga cukup banyak yang ada di SMA Negeri 1 Jonggol ini mulai dari Paskibra, PMR, Karya Ilmiah Remaja (KIR), Pramuka, Futsal, Basket, Voli, Silat, Karate dan Kerohanian Islam. Dengan demikian, para siswa bebas memilih sendiri ekstrakurikuler yang menjadi hobinya masing-masing.

 

Mahasiswa PLP 1 meras beruntung dengan adanya mata kuliah Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) tahap 1 ini, selain menambah pengalaman dan wawasan di sini kami juga dapat mengenal lebih dalam SMA Negeri 1 Jonggol.

=