Notification

×

Iklan

Iklan

PLP 1 Mahasiswa FKIP Uhamka untuk Mengasah Kemampuan Pedagogik Sebagai Seorang Pendidik

05 Oktober 2021 | Selasa, Oktober 05, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-07T10:04:54Z


Serambiupdate.com 
Mahasiswa Uhamka FKIP kolaborasi Prodi Pendidikan Matematika dan Pendidikan Bahasa Jepang, yaitu Ajeng Sucitra
H, Dita Nuranggraeni, Gisni Anjarrani, Kania Meylani A, Nur Kurniyasih, Rizqa Alysya R, dan Salma Nadhira melakukan Kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 atau yang dikenal dengan sebutan PLP 1 di SMPIT At-Taufiq (27/09).

 

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP 1) merupakan tahapan pertama dari kegiatan pengenalan lapangan persekolah program sarjana pendidikan. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan landasan jati diri seorang pendidik melalui beberapa kegiatan di sekolah yang meliputi pengamatan kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kerja di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, serta kegiatan-kegiatan yang ada di sekolah.

 

 SMPIT At-Taufiq yang terletak di Jl. Putri Tunggal No.14, Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat. Kami melaksanakan kegiatan PLP 1 ini secara offline di sekolah tersebut. Pada kegiatan PLP 1 ini kami mewawancarai Bapak Ihsan Abdul Rosyid S. Pdi. MM. selaku Kepala Sekolah di SMPIT At-Taufiq dan Ibu Yuliana Priatina M. Pd selaku guru matematika di SMPIT At-Taufiq.

SMPIT At-Taufiq adalah sekolah berbasis Islami yang menerapkan pendidikan agama dengan baik. Adapun contoh kegiatan rutin Islami yang biasa dilakukan disekolah ini pada saat pembelajaran dilakukan secara offline yaitu peserta didik diwajibkan untuk melakukan murojaah pagi sebelum memulai jam pelajaran, melaksanakan shalat wajib secara berjamaah dan melaksanakan shalat dhuha. 

 

Dikarenakan kondisi pandemi, sesuai dengan aturan pemerintah SMPIT At-Taufiq melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) secara sinkronus dan asinkronus melalui zoom meeting, google classrom, dan lainnya. Walaupun pembelajaran dilakukan secara daring, namun pembelajaran yang dilakukan cukup efektif karena pihak sekolah selalu mengevaluasi dan mencari solusi atas hambatan yang terjadi. Bahkan kegiatan-kegiatan yang biasanya dilakukan secara offline pun sampai saat ini masih dilaksanakan secara online melalui zoom meeting.

 

Tidak hanya membuat dan memberikan aturan kegiatan Islaminya, SMPIT At-Taufiq pun memberikan pemahaman yang mendalam terkait ilmu agama kepada peserta didik mengenai aturan yang ada di sekolah. Pemahaman ini dilakukan agar peserta didik tidak merasa dipaksa serta lebih ikhlas dalam menaati peraturan yang ada dan supaya kegiatan rutin yang ada di sekolah bisa dijadikan kebiasaan yang dapat diterapkan di lingkungan sekitarnya. Sehingga kami sebagai calon guru memiliki bekal untuk mendidik peserta didik kami nanti dengan cara mengubah pemahaman ilmunya.

 

“Kegiatan PLP 1 ini sangat bermanfaat untuk mahasiswa dan pihak sekolah karena dengan adanya kegitan ini, pihak sekolah bisa lebih mengembangkan kualitas sekolahnya supaya lebih baik lagi sekaligus bisa membantu mahasiswa untuk mengasah kemampuan kompetisi pedagogik untuk menjadi seorang pendidik” ujar Ihsan.

 

Sementara itu, Yuliana Priatina mengatakan “Kualitas Pendidikan sangat dibutuhkan dan dengan adanya kegiatan PLP 1 ini akan melatih para mahasiswa untuk menjadi para pendidik yang professional, karena dari para pendidik yang professional akan menciptakan bibit unggul yang berkualitas”

 

=