Notification

×

Iklan

Iklan

PLP 1 Mahasiswa PGSD FKIP Uhamka di SDN Pinang Ranti 05 Pagi sebagai Awal Menuju Pendidik Kompeten

04 Oktober 2021 | Senin, Oktober 04, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-04T09:45:56Z

 


Serambiupdate.com Mahasiswa . Progran Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr Hamka yaitu Mohamad Maulana Zufar, Endah Permatasari, Sekar Reviyana, Azzahra Hafjuwika, dan Bintang Maha Putra yang dibimbimng  Kowiyah MPd telah melakukan kegiatan Pengenalan Lapangan Persekolahan 1 (PLP 1) di SDN Pinang Ranti 05 Pagi,. PLP bertujuan untuk menumbuhkan landasan jati diri dari seorang pendidikan melalui beberapa kegiatan di sekolah, seperti pengamatan langsung mengenai kultur sekolah, struktur organisasi dan tata kelola di sekolah, peraturan dan tata tertib sekolah, serta kegiatan-kegiatan yang terdapat di sekolah.

 

SDN Pinang Ranti 05 pagi terakreditasi A, memiliki sarana dan prasarana yang memadai. berlokasi di Jl. Pinang Ranti II, RT.9/RW.1, Pinang Ranti, Kec. Makasar, Kota Jakarta Timur, DKI Jakarta.

 

Kegiatan PLP1 berupa observasi dan pengamatan langsung di SDN Pinang Ranti 05 serta wawancara bersama dengan 2 narasumber yaitu Istiqomah Rosidah SPdI selaku Kepala Sekolah dan Aen Rohaendi SPd selaku guru PJOK. Kegiatan observasi dan wawancara kami lakukan pada Senin (27/09).

 

Ditengah masa pandemi Covid-19, sekolah ini terlihat cukup sepi, hanya ada beberapa guru dan kepala sekolah yang datang untuk melaksanakan kegiatan piket dan juga pengawasan di sekolah terkait dengan persiapan menjelang pembelajaran tatap muka kembali.

 

Dalam berlangsungnya proses wawancara, Istiqomah Rosidah SPdI merasa senang karena kedatangan kami, beliau mengatakan,  "Anak-anak kami mahasiswa Uhamka yang ibu banggakan dan sayangi, Alhamdulillah mahasiswa Uhamka dari jurusan PGSD berkenan melaksanakan PLP 1 di SDN Pinang Ranti 05 untuk kedepannya kita bisa lebih saling mengenal, juga memberikan masukan dan juga saling belajar untuk tugas anak-anak sekalian." tuturnya.

 

Sekolah ini masih menggunakan sistem pembelajaran daring atau tatap maya. Proses pembelajaran dilakukan dengan menggunakan beberapa aplikasi teleconference seperti Zoom atau Google Meet.

 

"Kegiatan KBM masih tetap berjalan meskipun dalam masa pandemi, umumnya dilaksanakan secara daring. Untuk pembelajaran secara daring dilakukan melalui Zoom atau Google Meet tetapi tidak setiap hari mengingat kondisi kemampuan orang tua yang sangat beragam dan berbeda, jadi hanya sesekali saja dilakukan dan diperlukan mengadakan Zoom ataupun Google Meet", tutur Aen

 

Aen juga menuturkan, Selama pembelajaran daring cukup banyak kendala yang dihadapi, mulai dari pulsa atau paket internet yang tidak mencukupi, gawai yang kurang mendukung, hingga jaringan internet yang tidak stabil. Bahkan ada beberapa siswa yang hanya memiliki satu gawai saja namun digunakan oleh beberapa anggota keluarganya secara bergantian. Disaat seperti ini, guru diminta untuk memberikan toleransi berupa perpanjangan waktu pengumpulan tugas kepada siswa.”

 

Sekolah ini  juga menuai segudang prestasi yang membanggakan seperti, Juara FLS2N kategori Gambar Bercerita tingkat kecamatan, Juara 2 Lomba menyanyi dalam rangka memperingati HUT RI ke - 75 tingkat kecamatan, Juara 2 Lomba Pidato dalam rangka memperingati HUT RI ke - 75 tingkat kecamatan. Juara 3 Lomba Pembacaan Teks Pembukaan Undang - Undang Dasar 1945 dalam rangka memperingati HUT RI ke - 75 tingkat kecamatan.

 

 

 

=