Notification

×

Iklan

Iklan

Training Happy Easy Peringatan Hari Aksara Internasional dari Founder Yayasan Anak Indonesia

03 Oktober 2021 | Minggu, Oktober 03, 2021 WIB | Last Updated 2021-10-03T15:01:26Z



Serambiupdate.com Dalam rangka memperingati hari aksara International, founder Yayasan Anak Indonesia Belajar ini  telah mengadakan Training Baca  selama 7 hari yang berlangsung dari tanggal (12-18/09).  Kegiatan Training ini disambut antusias oleh masyarakat, terutama bagi orang tua yang memiliki anak usia SD belum bisa baca. Terbukti, hanya dalam waktu dua hari kami mesosialisasikan kegiatan ini, peserta yang daftar sudah mencapai 40 peserta. Karena kegiatan ini kami laksanakan di masa pandemi, maka kami batasi hanya 30 peserta saja yang bisa ikut, dan H-2 kami sudah menutup pendaftaran, untuk mengantisipasi membludaknya peserta. Selain membatasi jumlah peserta, kami juga menerapkan protokol kesehatan kepada para pendidik dan peserta didik yaitu dengan memakai masker, handsanitazer dan mengecek suhu badan saat berlangsungnya kegiatan Training" Ujar Nia, salah satu Trainer HAPPY EASY. Training ini diikut oleh beberapa Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah di kelurahan Meruyung Kota Depok, diantaranya : SD Muhammadiyah 04 Depok, MI Hayatul Islamiyah, SD Negeri Meruyung, SDIT Said Yusuf.     

Nashihatud Diniyah Jahro, salah satu dosen Universitas Muhammadiyah Palangkaraya telah menemukan metode baca cepat yang ia namakan dengan Happy Easy. Dikatakan Happy EASY karena metode ini menyajikan pembelajaran membaca dengan cara yang sangat mudah dan menyenangkan. HAPPY Easy menyajikan pembelajaran dalam bentuk cerita bergambar, bernyanyi, bermain peran (eksperiential leraning) dan membuat sebuah karya (learning by doing). HAPPY EASY   adalah sebuah terobosan baru belajar baca yag dirancang dengan sistem cepat dan menyenangkan sehingga anak diharapkan bisa membaca dalam waktu yang relatif singkat. Jika metode konvensional, anak dengan kemampuan rata - rata membutuhkan waktu 5x480menit untuk bisa membaca dengan lancar, maka dengan metode HAPPY EASY anak hanya membutuhkan waktu 5x60 menit untuk bisa membaca dengan lancar. 

"Di tahun 2021 ini, kami sudah tiga kali  menyelenggarakan Training Baca secara gratis, mudah - mudahan, target kita dapat memberantas 1 juta anak Indonesia dari buta aksara di tahun ini bisa terwujud" ucap Nashihah ber api-api. 

Puncak acara dari pelatihan membaca ini adalah pentas baca. Di acara pentas baca,  setiap peserta tampil membacakan cerita atau  lembaran - lembaran kalimat yang diberikan orang tua peserta kepada peserta training.  Pentas Baca ini dilaksanakan sebagai bukti keberhasilan dari kegiatan Training yang sudah kami laksanakan selama 7 hari ini.                      

Kegiatan Training ini, tentu mendapatkan apresiasi positif dari orang tua, karena melihat perkembangan yang cukup signifikan putra / putrinya dari sebelum mengikuti training dan setelah mengikuti training. Hal ini disampaikan Widodo, salah satu orang tua peserta training  "Setelah mengikuti training selama 7 hari ini, anak saya menjadi lancar membacanya, sebelum mengikuti training, anak saya hanya bisa membaca dua suku kata, tetapi setelah mengikuti training ini, anak saya bisa membaca cerita, mudah - mudah - mudahan akan ada batch - batch selanjutnya, sehingga banyak anak indonesia yang terbantu untuk bisa membaca"  Ucapnya.                                                                                                                

Tidak hanya orang tua, anak - anak juga sangat senang dan antusias, selama mengikuti training. Ini diungkapkan oleh Uwais, salah satu peserta Training " Aku senang mengikuti Training ini, karena belajar membacanya sambil bernyanyi, membacanya tidak banyak, dan  ada gambar - gambarnya jadi aku tidak bosan" ujarnya.

=