Notification

×

Iklan

Iklan

Cara menjaga kesehatan mata pada masa pandemi

11 Januari 2022 | Selasa, Januari 11, 2022 WIB | Last Updated 2022-01-11T10:37:37Z

Risa Latul Karimah

Mahasiswa Kesehatan Masyarakat

Wabah covid-19 yang disebabkan oleh virus corona telah menghentikan beberapa kegiatan perekonomian dan kegiatan masyarakat. Kita harus dapat beradaptasi dengan kondisi yang ada untuk dapat terus bertahan dimasa sulit ini. Banyak kebiasaan baru yang harus kita lakukan untuk menyesuaikan diri dengan keadaan dan sekaligus membantu mengurangi jumlah persebaran virus corona. Salah satunya adalah terus mengikuti protokol kesehatan dengan menjaga jarak antar individu untuk menghindari adanya keramaian. Tatanan kehidupan baru atau sering disebut dengan new normal adalah salah satu cara untuk beradaptasi di tengah wabah covid-19 ini. New normal merupakan suatu langkah yang dilakukan untuk tetap berproduktivitas dan beraktivitas sebagaimana mestinya dengan tetap melakukan protokol kesehatan. Sebagai contoh adalah mengurangi aktivitas secara langsung dan mengganti kegiatan tatap muka dengan pertemuan secara daring (online). Dengan aktivitas yang serba meggunakan hp dapat mengganggu kesehatan mata . cara menjaga kesehatan mata bisa dilakukan  sedari dini yaitu :

1)   1. )Konsumsi makanan bernutrisi
     Mengonsumsi makanan tinggi vitamin A, C, E, lutein, zeaxanthin, zinc, menjadi cara tepat       memelihara kesehatan mata,

2.) Istirahatkan mata

1)             Jika Anda lebih banyak melakukan aktivitas pekerjaan di depan gawai, jangan lupa untuk         memberi waktu istirahat pada mata minimal 15 menit atau maksimal 2 jam. Terapkan               metode 20:20, mengalihkan pandangan selama 20 detik setiap 20 menit sekali.

3)    Periksa mata secara teratur
Melakukan pemeriksaan teratur ke dokter mata dapat dilakukan dari usia anak-anak sampai lansia. Terutama bagi Anda yang memiliki riwayat medis tertentu atau penyakit penyerta. Idealnya, kontrol ke dokter mata dilakukan sekali dalam setahun, baik bagi anak-anak ataupun dewasa.

4)    Hindari membaca di tempat gelap
Hindari kebiasaan membaca di tempat gelap atau ruangan dengan intensitas cahaya yang redup. Kebiasaan itu bisa merusak mata.demikian, membaca di ruang terbuka dengan cahaya cukup bisa jadi pilihan cara menjaga kesehatan mata. Jangan lupa untuk memberi jarak pandang antara mata dan objek yang dibaca dan tidak membaca sambil berbaring.

5)     Olahraga secara rutinSebuah penelitian mengungkapkan bahwa olahraga dapat mengurangi risiko penyakit mata dan bahkan menurunkan risiko kehilangan penglihatan akibat tekanan darah tinggi, diabetes, dan kadar kolesterol yang tinggi.

 

 



3.. 

=