Notification

×

Iklan

Iklan

Rokok Membunuhmu

15 Juni 2023 | Kamis, Juni 15, 2023 WIB | Last Updated 2023-06-15T02:03:00Z

Oleh : Attaka Albi Muswa

Mahasiswa FEB UHAMKA


Kalimat Rokok Membunuhmu terdapat pada beberapa bungkus rokok. Poster-poster iklan rokok, yang biasa ditempel di warung-warung atau tempat-tempat umum, juga mencantumkan kalimat tersebut. Bahkan kalimat itu tercantum dengan tulisan yang cukup besar dan dapat dibaca dengan jelas pada baliho-baliho besar di pinggir jalan. Namun jumlah perokok bukannya berkurang, tetapi justru bertambah banyak dari waktu ke waktu. Bahkan anak-anak remaja pun semakin banyak yang merokok.


Semua peneliti sepakat bahwa kandungan tembakau di dalam rokok menyebabkan berbagai macam penyakit bahkan kematian. Hal ini membawa dampak terhadap meningkatnya beban kesehatan yang harus ditanggung oleh pemerintah. Selain itu, kandungan nikotin di dalam rokok menyebabkan kecanduan.


Dalam Surat Al Quran Allah telah berfirman “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan“. (QS. Al Baqarah: 195). Karena merokok dapat menjerumuskan dalam kebinasaan, yaitu merusak seluruh sistem tubuh (menimbulkan penyakit kanker, penyakit pernafasan, penyakit jantung, penyakit pencernaan, berefek buruk bagi janin, dan merusak sistem reproduksi), dari alasan ini sangat jelas rokok terlarang atau haram. 


Apakah merokok baik? Tentu saja tidak baik. Apakah merokok dosa? Ya! Walaupun tidak tercantum dalam Kitab Suci, tetapi merokok adalah perbuatan yang menjauhkan manusia dengan Tuhan. Yang jadi pertanyaan begitu banyak perokok adalah: Bagaimana mengatasi kecanduan rokok? Untuk memutuskan rantai kecanduan, perokok harus melawan keinginan dirinya sendiri. Melawan keinginan dagingnya. Setiap dosa lain yang dilakukan manusia, terjadi di luar dirinya atau di luar tubuhnya. Tetapi orang yang merokok berdosa terhadap dirinya sendiri.  Tubuh jasmani seseorang bukan milik orang tersebut. Dimana dapat ia gunakan sesukanya.


=