Notification

×

Iklan

Iklan

SMA Labschool Jakarta Pamerkan 68 Karya Lukisan Bertemakan Lautan Bintang

24 Juli 2024 | Rabu, Juli 24, 2024 WIB | Last Updated 2024-07-24T09:03:01Z

 


Serambiupdate.com
- SMA Labschool Jakarta melalui ekstrakurikuler ACOLabs (Art Community of Labschool) menggelar kembali pameran Seni Rupa pada 16-18 Juli 2024 lalu. Pada kesematan ini kegiatan pameran Lukisan diikuti oleh 36 murid dari SMA Labschool Jakarta dengan tambahan tiga peserta dari SMA Diponegoro 1.

 

Setelah mengikuti workshop pengerjaan karya selama kurang lebih tiga bulan, para peserta mampu memamerkan 68 karya lukisan, delapan karya fashion, serta satu instalasi yang dibangun bersama oleh beberapa peserta

 

Suparno Sastro selaku Kepala SMA Labschool Jakarta  menuturkan, pameran ini mengambil judul Lautan Bintang, pameran ini terinspirasi dari filosofi bintang yang memiliki karakteristik berbeda-beda, serta membutuhkan waktu ratusan tahun untuk berevolusi dari gumpalan awan menjadi benda yang bersinar.  

 

"Seperti bintang, diharapkan para siswa yang memiliki mimpi berbeda-beda ini, lambat laun berproses menjadi pribadi yang lebih baik ketika mengejar mimpi mereka yang perlahan bersinar, bagaikan lautan bintang," tutur Suparno.

 

Suparno melanjutkan, pameran ini dibuka selama tiga hari, dan ditutup dengan puncak acara dan pelelangan karya pada 18 Juli 2024 lalu.

 

Menurut Saffa Inayati, guru Seni Rupa sekaligus pembimbing pameran, puncak acara dibuka dengan video sambutan dari Sandiaga Uno  selaku Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, sambutan dari Rusmantoro selaku Kepala Suku Dinas Kebudayaan Kota Jaksel, , Sarnadi Adam selaku Seniman dan Budayawan Betawi, Badan Pengelola Sekolah Labschool YP-UNJ, dan Suparno selaku Kepala SMA Labschool Jakarta.

 

Puncak acara ini juga disaksikan oleh peserta masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) SMA Labschool Jakarta sebanyak kurang lebih 270 murid. Acara akhirnya ditutup pada malam hari dengan mengadakan pelelangan karya lukis, yang hasilnya akan didonasikan sebesar 30 persen untuk kegiatan amal dan sosial. Sebanyak 48 karya berhasil terjual kepada para tamu dan peserta lelang.

 

Padma Kinanti  selaku Ketua Pameran dari siswa, kegiatan pameran ini tiap tahun diadakan siswa SMA Labschool Jakarya untuk mengasah jiwa dan rasa seni mereka. Setelah sukses menggarap pameran seni di Museum Mandiri pada tahun lalu, kali ini para siswa memberanikan diri untuk menyelenggarakan pameran di tempat umum.

 

"Kami berharap, pameran ini menginspirasi lebih banyak pengunjung khususnya para generasi muda untuk berani berekspresi melalui pertunjukan karya seni," ujar siswi Kelas X.

 

adp


=