Notification

×

Iklan

Iklan

Berkurangnya Rumah Panggung di Indonesia

15 September 2024 | Minggu, September 15, 2024 WIB | Last Updated 2024-09-15T03:27:00Z

 



Oleh : Ratna Hafidah Fatin

Mahasiswa FEB UHAMKA

 

Masyarakat Indonesia sejak dahulu kala sudah mengenal dan mendirikan rumah berbentuk panggung. Rumah panggung bukan merupakan bentuk tempat tinggal yang baru bagi masyarakat di berbagai daerah. Di berbagai daerah, rumah panggung dibuat dengan ciri khas tersendiri, baik dalam segi desain eksterior maupun interior yang unik dan mempunyai makna tersendiri yang dipengaruhi kebudayaan setempat. Rumah panggung biasanya berbentuk rumah yang tinggi dengan bagian bawah kosong.

 

Alasan zaman dahulu dibangunnya rumah panggung antara lain : melindungi dari bencana alam, contohnya seperti banjir, gempa bumi dan juga melindungi anggota keluarga dari binatang buas. Indonesia memiliki berbagai macam rumah panggung yang mencerminkan bahwa masyarakat dan kebudayaannya memiliki nilai arsitektur vernacular yang kaya. Sejak dahulu masyarakat Indonesia menyukai rumah yang bisa memenuhi kebutuhan masyarakat tersebut dan menjadi salah satu warisan budaya.

 

Bentuk rumah adat di Indonesia beraneka ragam seperti rumah kolong dari pulau Sumatra, pulau Jawa, pulau Kalimantan dan pulau Sulawesi sedangkan rumah adat Papua berbentuk rumah honai. Indonesia memiliki kekayaan alam yang mendukung pembangunan rumah panggung di masa lampau contohnya kayu dan rotan yang mempunyai kualitas bagus untuk menopang rumah agar berdiri tegak hingga saat ini.

 

Semakin berkembangnya ilmu arsitektur, masyarakat Indonesia sudah jarang membangun rumah berbentuk panggung karena sudah banyak pilihan untuk membangun rumah yang sesuai dengan perkembangan zaman. Ketika seseorang ingin membuat rumah panggung di daerah perkotaan sebaiknya dilihat terlebih dahulu sisi positif dan negatif dari rumah panggung tersebut.

 

Dengan menerapkan konsep rumah panggung di zaman sekarang bisa menjadi salah satu pilihan dalam membantu mengurangi kebutuhan listrik. Alasannya adalah dengan adanya ventilasi yang cukup memadai maka baik cahaya maupun udara bisa dengan mudah masuk ke dalam rumah. Ditinjau dari bentuk rumah panggung yang bagian bawahnya kosong maka privasi orang yang tinggal dirumah panggung bisa diketahui orang lain karena ada celah untuk mengintip yang menjadi bagian dari kekurangan dalam pembuatan rumah panggung. Oleh karena itu jika ingin membuat rumah panggung di perkotaan alangkah baiknya kita melihat dari sisi kekurangan dan kelebihannya terlebih dahulu agar tidak terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

 

 

=