Notification

×

Iklan

Iklan

FTII Uhamka berikan Pelatihan Perakitan Sistem Panel Surya pada Siswa SMP, SMA, dan SMK Al Hasra Bojongsari Depok

11 September 2024 | Rabu, September 11, 2024 WIB | Last Updated 2024-09-11T08:19:22Z


Serambiupdate.com - 
Fakultas Teknologi Industri dan Informatika Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (FTII Uhamka) melakukan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat (PKM). Kegiatan PKM FTII Uhamka pada siswa SMP, SMA, dan SMK Al Hasra Bojongsari Depok Jawa Barat dengan tema “Pelatihan Perancangan dan Perakitan Panel Surya sebagai Sistem Konverter Energi Surya menjadi Tenaga Listrik pada Siswa SMP, SMA, SMK Al Hasra”, Rabu (28/8).

 

Siswa sekolah menengah belum banyak mengetahui bagaimana komponen panel surya, merakit komponen menjadi sistem panel surya, cara kerja sistem panel surya, dan nilai pentingnya penggunaan panel surya. Akan tetapi, siswa sekolah menengah adalah generasi yang harus disiapkan dalam menghadapi perubahan penggunaan energi dimasa datang dan mereka akan menjadi pelaku, praktisi, dan pengambil kebijakan yang terkait penggunaan energi terbarukan khususnya energi surya melalui panel surya.

 

Tim Pengabdian kepada Masyarakat ini diketuai oleh Rifky, salah satu dosen FTII Uhamka. Personal lainnya sebagai anggota dosen adalah Dan Mugisidi dan Oktarina Heriyani. Sementara anggota dari mahasiswa adalah Giri Parwatmoko, Syahrul Amin, Rizky Alamsyach, Ferdy Ardian Nugroho dan Rifki Arya Ramadhan.

 

 

Kegiatan PKM ini diawali dengan pre test, ceramah penyampaian materi pelatihan, peragaan perancangan dan perakitan komponen panel surya, praktik yang dilakukan siswa dalam perakitan panel surya, dan post test. Kemudian kegiatan diakhiri dengan foto bersama dan pemberian panel surya kepada Guru Pendamping dari SMA dan SMK Al Hasra. 

 

Rifky dalam ulasannya menyampaikan, bahwa energi surya berlimpah di Indonesia disebabkan oleh letak katulistiwa yang mendapat curahan energi surya sepanjang tahun. Melalui teknologi perangkat panel surya, energi surya dapat dimanfaatkan menjadi listrik.

 

“Para siswa harus mulai mengetahui prinsip kerja dan teknologi panel surya supaya tidak gagap terhadap teknologi dan energi yang diterapkan di lingkungan. Kita berharap perumahan, kantor, dan sekolah dapat dipasang panel surya sehingga dapat berkontribusi dalam penghematan energi,” ujar Rifky.

 

Siswa SMP, SMA, dan SMK Al Hasra tampak antusias dan semangat mengikuti pelatihan, terutama ketika kegiatan peragaan dan praktik pemasangan dan perakitan panel surya. Semoga mereka menjadi generasi yang menikmati energi bersih dan ramah lingkungan di kemudian hari.

=