Notification

×

Iklan

Iklan

Dosen FPsi Uhamka Diamanahkan Menjadi Penyeleksi LPDP 2024

22 Oktober 2024 | Selasa, Oktober 22, 2024 WIB | Last Updated 2024-10-22T05:39:45Z


Serambiupdate.com
- Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (Uhamka) pada tahun ini memiliki dua dosen yang kembali mendapat kepercayaan dari Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) untuk ikut menyeleksi calon penerima beasiswa pada periode 2024. Kepercayaan ini meneruskan kepercayaan yang sudah diberikan 2 tahun berturut-turut kepada kedua dosen Psikologi Uhamka tersebut. Kepercayaan ini juga menunjukkan kepakaran dan kompetensi yang baik dari para dosen psikologi Uhamka dalam menjalankan profesinya.

 

LPDP sendiri adalah lembaga negara yang berada dibawah Kementerian Keuangan RI yang mengelola dana abadi pendidikan. Salah satu fungsinya adalah memberikan beasiswa kepada putra-putri bangsa yang akan menjadi calon pemimpin di masa depan agar mereka memiliki bekal terbaik saat menjadi pemimpin bangsa. Di Indonesia, LPDP telah menjadi salah satu lembaga pemberi beasiswa yang bergengsi dan kredibel karena telah memberi beasiswa kepada ribuan putra-putri bangsa untuk melanjutkan ke berbagai universitas terbaik di seluruh dunia.

 

Adapun peran dosen Psikologi Uhamka sebagai reviewer dalam kegiatan tersebut, khususnya menggali aspek psikologis kandidat. Hal ini penting dalam rangka memilih peserta yang diyakini akan mampu menyelesaikan kuliahnya saat menjadi awardee LPDP. Sedangkan untuk Uhamka, kepercayaan dari LPDP ini menunjukkan bahwa Uhamka mempunyai kepedulian yang besar pada upaya mencerdaskan kehidupan bangsa.

 

Subhan El Hafiz selaku Dekan Psikologi Uhamka, mengaku bangga dapat memberikan tugas kepada dua dosen Psikologi tersebut membantu negara, yaitu untuk menyaring calon potensial penerima beasiswa LPDP. Hal ini karena Uhamka merupakan institusi yang punya kepedulian tinggi dalam membantu mencerdaskan masyarakat Indonesia.

 

“Dengan keterlibatan dalam proses seleksi LPDP ini maka kedua dosen tersebut juga dapat memiliki pengalaman yang bermanfaat bagi mahasiswa di Uhamka, khususnya Psikologi. Misalnya, mereka bisa memberi inspirasi kepada para mahasiswa bahwa setelah lulus, mereka dapat melanjutkan ke pendidikan yang lebih tinggi, diantaranya dengan menyiapkan diri agar dapat menjadi awardee LPDP. Prestasi ini tentu saja membuktikan bahwa staff pengajar di Psikologi Uhamka memiliki kualitas baik yang diakui secara nasional,” tutur Subhan.

 

=